Kegunaan Batu Alam Beserta Fungsi, dan Contoh Penggunaanya - JUAL BATU ALAM TERLENGKAP DIJAKARTA

Post Top Ad

Kegunaan Batu Alam Beserta Fungsi, dan Contoh Penggunaanya

Bagikan
batu alam adalah


Batu Alam adalah batuan yang berasal dari alam, baik dari daerah pegunungan, sungai maupun dari pesisir pantai. Batu alam identik sekali dengan material untuk kontruksi sebuah bangunan. Batu alam berfungsi sebagai material finishing pada interior maupun eksterior sebuah bangunan, namun tak sedikit juga yang menggunakan batu alam untuk pondasi rumah. Batu alam banyak digunakan karena bisa memberikan tampilan alami, dan membuat tampilan rumah jadi lebih berseni.

Sebenarnya semua jenis batuan yang berasal dari alam bisa di sebut dengan batu alam, namun tak semuanya bisa digunakan untuk kontruksi bangunan, terlebih jika digunakan untuk mempercantik tampilan bangunan. Jenis batu yang bisa digunakan untuk kontruksi bangunan harus memiliki tekstur yang kuat, dan tentunya memiliki corak yang unik sehingga nyaman Ketika dipandang.

Perlu diketahui batu alam ada banyak jenis, bentuk dan fungsinya. Dilihat dari fungsinya batu alam terbagi menjadi 3 jenis, yaitu : batu alam untuk media, batu alam untuk kontruksi dan batu alam mulia. Berikut ini penjelasan lengkap tentang batu alam yang perlu kamu ketahui, simak sampai sampai habis yaa.

Mengenal 3 Jenis Batuan Alami

Batu alam kontruksi yaitu jenis batuan yang digunakan untuk bahan dasar kontruksi sebuah bangunan, biasanya digunakan pada pondasi bangunan. Karena akan digunakan untuk pondasi sehingga jenis batu yang digunakan harus benar-benar kuat, agar mampu digunakan untuk menopang bangunan.

Batu alam media yaitu jenis batuan yang biasa digunakan sebagai aksen interior dan eksterior bangunan agar tampilannya lebih berseni. Ada banyak variasi batu alam media dengan corak dan motif yang berbeda-beda dan tentunya memiliki tampilan yang sangat menarik.

Sedangkan Batu alam mulia adalah jenis batuan yang biasa digunakan sebagai perhiasan. Batu alam yang satu ini tentunya memiliki nilai ekonomis dan nilai seni yang tinggi.

Jenis- Jenis Batu Alam


marmer batu alam meja

Marmer merupakan jenis batu alam yang berasal dari proses metamorfosa atau rekristalisasi batu kapur. Hasil kristalisasi ini menghasilkan paduan padat yang memiliki corak urat – urat berwarna yang unik. Corak yang ada pada marmer ini merupakan corak yang terbentuk secara alami ketika proses pembentukan. Batu marmer sering kali kita lihat menghiasi rumah, sebagai batu yang digunakan pada lantai, dinding dan furniture seperti meja. Alasan mengapa marmer banyak digunakan karena memiliki tampilan yang indah dan menawan.


granit batu alam

Granit merupakan batuan beku alami. Sebagian besar granit bertekstur sangat solid dan kuat serta memiliki ketahanan yang lama, sehingga material ini banyak digunakan pada kontuksi rumah. Sekilas granit dan marmer memang terlihat sama, untuk memnbedakannya kita bisa melihat dari motifnya, granit lebih bermotif bitnik – bitnik, sedangkan marmer lebih banyak bermotif berurat.


batu alam templek

Batu templek merupakan jenis batu alam yang berbentuk lempengan berbentuk tidak beraturan. Batu alam templek termasuk jenis batuan yang kuat sehingga tak jarang diaplikasikan pada outdoor rumah seperti pada dinding pagar, dinding rumah. Namun kini batu templek tak hanya digunakan pada dinding bangunan saja, ternyata bisa juga digunakan pada lantai eksterior, seperti lantai carport dan bisa juga digunakan sebagai batu pijakan di taman rumah.


batu alam dinding andesit

Sesuai dengan namanya batuan jenis ini banyak diaplikasikan pada dinding hunian. Terdapat 2 jenis batu alam dinding, yaitu batu alam dinding rata dan batu alam dinding timbul. Batu alam dinding rata merupakan batu alam yang sudah dipotong berbentuk persegi seperti bentuk keramik. Sedangkan batu alam timbul memiliki permukaan yang tidak rata dan bentuk yang abstrak. Bentuk yang abstrak cocok digunakan pada dinding rumah yang artistik.


batu koral tabur untuk taman

Batuan ini berbentuk bulat dan pipih umumnya berukuran 1-7 cm. Terdapat banyak variasi warna yang alami, mulai dari warna hitam, putih, merah, biru, hijau dan warna lainnya. Batu koral banyak diaplikasikan pada taman dengan cara di tabur, dengan perpaduan beberapa jenis batu koral kamu bisa membuat motif yang unik dan memukau di taman.


batu koral sikat untuk lantai

Berbeda dengan batu koral sebelumnya, batu koral sikat memiliki bentuk seperti batu kerikil yang berukuran kecil, ukurannya berkisar antara 5 mm sampai 12 mm. Bentuk batu koral ini juga lebih tidak beraturan. Terdapat 2 fungsi utama dari koral sikat yaitu untuk koral tabur pada media tanam seperti pot bunga. Fungsi kedua dari koral sikat adalah bahan utama pembuatan carport sikat, yaitu carport rumah yang menggunakan batu koral kerikil berwarna, membentuk motif unik pada permukaannya.


batu apung untuk resapan

Batu apung atau sering juga disebut dengan lava rock merupakan batuan yang berasal dari letusan gunung berapi. Terdapat 2 jenis batu apung , yaitu batu apung berwarna merah dan batu apung berwarna putih, kedua jenis batu apung ini memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda.

Batu apung berwarna merah umunya digunakan untuk dasaran kolam ikan serta digunakan untuk resapan. Sedangkan batu apung putih banyak digunakan untuk media tanaman, digunakan untuk filter dan bisa juga digunakan untuk bahan baku kosmetik.

Tertarik menggunakan batu alam untuk dinding rumahmu?

Kami siap membantumu mewujudkan tampilan eksterior rumah dan interior rumah menggunakan batu alam yang natural dan artistik. Konsultasikan pemasangan batu alam dengan cs kami di bawah ini yaa !


🔜 Telpon : 021 5313 2428
WhatsApp 1 : 0852 1698 1719
WhatsApp 2 : 0812 7053 7371


telpon%2Bjpg
mobile
wa
SUPPLIER-BATU-ALAM-DI-JAKARTA-TERLENGKAP

Post Bottom Ad

50 FOTO INSPIRASI BATU ALAM DINDING 2019

Pages