Proyek Pemasangan Relief Ukiran Batu Paras Jogja di Pantai Indah Kapuk - JUAL BATU ALAM TERLENGKAP DIJAKARTA

Post Top Ad

Proyek Pemasangan Relief Ukiran Batu Paras Jogja di Pantai Indah Kapuk

Bagikan


Relief ukiran batu paras jogja merupakan hasil karya seni rupa yang memiliki nilai seni yang tinggi. Berasal dari batu alam yang alami, relief ukiran dipahat langsung oleh tangan pengrajin yang terampil secara manual. Bongkahan batu paras jogja yang memiliki ukuran besar, dibelah dan dipotong menjadi berbentuk lembaran-lembaran dengan ketebalan sekitar 10 cm. Lembaran-lembaran batu paras tersebut kemudian dipahat langsung secara manual untuk menghasilkan hasil karya seni rupa yang istimewa.
Relief ukiran paras jogja dibagi menjadi dua jenis, yaitu jenis 2D (2 dimensi) dan 3D (3 dimensi). Relief ukiran 2D adalah relief ukiran yang memiliki ketebalan bahan 6 cm dan memiliki kedalaman motif ukiran mencapai 2 cm. Di sisi lain, relief ukiran 3D memiliki ketebalan bahan 6 cm dan memiliki kedalaman motif ukiran mencapai 3 cm sampai 4 cm. Jika dilihat dari perbandingan harga, relief ukiran 3D memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan relief ukiran 2D. Perbedaan harga tersebut merupakan hal yang lumrah, dikarenakan motif yang terpahat pada relief ukiran 3D tampak lebih nyata. 
Pada bulan November 2018, PT. Mughni Kreasindo Perkasa mendapatkan proyek pemasangan relief ukiran dengan motif abstrak seperti yang terdapat pada bandara Changi Airport Singapore. Perpaduan antara potongan motif burung, batu paras jogja RTM (Rata Mesin) dan batu paras jogja RTA (Rata Alam) menjadikan relief ukiran memiliki makna yang terpendam. Relief ukiran ini memiliki ukuran 1,25 m x 5,27 m, sehingga memiliki luas 6,5875 m2. Relief ukiran ini dipasang pada area dinding kolam ikan yang letaknya menghadap ke ruang keluarga. Lokasi pemasangan relief ukiran merupakan tempat yang sangat tepat sebagai titik fokus pandangan bagi yang berada di dalam rumah.
Proses produksi relief ukiran pada proyek kali ini hingga 7 hari di lokasi produksi. Dibutuhkan ketelitian, keahlian dan pengalaman dalam melakukan proses pemahatan.  Bukan perkara mudah dalam memahat lembaran batu dengan ketebalan 10 cm dan dipahat sesuai dengan pola dan ukuran yang telah di tentukan dengan skala. Tingkat kesulitan pada proyek kali ini berada pada kombinasi antara relief dan batu paras jogja yang memiliki ukuran 10 cm x 10 cm hingga 30 cm x 60 cm. Pembuatan pola dan skala harus dilakukan dengan hati-hati agar sesuai dengan ukuran yang sebenarnya.
Setelah proses produksi selesai dan barang dikirim ke lokasi proyek, maka dilakukan proses pemasangan yang memakan waktu hingga dua hari. Proses pemasangan membutuhkan waktu lama dikarenakan relief ukiran masih berbentuk potongan-potongan puzzle yang perlu disusun sesuai dengan urutan polanya sebelum dilakukan pemasangan pada area dinding. Setelah puzzle sudah sempurna, kemudian dilakukan tahap pemasangan pada area dinding menggunakan semen pasir hingga semua bagian relief ukiran terpasang semua. Pada tahap akhir pemasangan, dilakukan proses pemberian coating natural sebagai proteksi relief ukiran terhadap lumut dan jamur.


Post Bottom Ad

50 FOTO INSPIRASI BATU ALAM DINDING 2019

Pages